Ahlan Wa sahlan
PROFIL
- PC Pemuda Persis Dayeuhkolot
- Sejak pertama kali berdiri Pimpinan Cabang Pemuda Persis Dayeuhkolot langsung bergerak di bidang dakwah dan pendidikan, dan sejak itu pula keberadaan pimpinan cabang pemuda persis Dayeuhkolot berkembang dan tumbuh hingga memiliki jama'ah-jama'ah hampir di setiap desa yang menjadi bagian dari kecamatan Dayeuhkolot. Sebagaimana organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya, Pimpinan Cabang Pemuda Persis Dayeuhkolot juga tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan baik secara ekstern maupun secara intern. Secara umum kondisi Pemuda Persis cabang Dayeuhkolot dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah jama'ah yang ada di desa-des Pemuda Persis sebagai salah satu bagian otonom di lingkungan Persatuan Islam mengemban tugas sebagai barisan pelopor atau ujung tombak perjuangan Persatuan Islam di kalangan Pemuda, khususnya di wilayah kecamatan Dayeuhkolot. Pemuda Persis cabang Dayeuhkolot sampai saat ini baru memiliki 7 Jama'ah. 1. Jama'ah Mengger, 2. Jama'ah Dayeuhkolot, 3. Jama'ah Cisirung, 4. Jama'ah Citepus, 5. jama'ah Bojong Citepus, 6. jama'ah Cibedug, 7. Jama'ah Cangkuang.
TASYKIL MASA JIHAD 2009-2012
KETUA : C. Nasrul Yakin, M.Ag
WKL KETUA : Asep Saefudin, ST
SEKRETARIS : Muhaemin, S.Ag
BENDAHARA : Sholehudin Rahmat, S.Ag
Wakil : Amang Hasan
KEJAM'IYYAHAN : Adji Ahmad Juand, S.Sos.I
KADERISASI : Hadi Juniar Syamsi
PENDIDIKAN : Sholeh Nenna
DAKWAH : Ujang Sholehudin
HUMAS : Hendra Triansyah
SOSIAL : Oom Sholihin
EKONOMI : Adi Nugraha
Musyawarah Kerja 2
Daftar Anggota Pemuda Persis Cabang Dayeuhkolot Tahun 2009
Nomor | Nama | Jama’ah | Jumlah Anggota | |
Urut | NPA | |||
1 | 94.1235 | Usman Azkia | Mengger | |
2 | 99.1240 | Dadan Ahmad | Mengger | 18 |
3 | 99.1242 | Muslim Nurdin, S.S | Mengger | |
4 | 99.1243 | Ade Sopian | Mengger | |
5 | 99.1244 | Rijal Khoerullah, S.Sos.I | Mengger | |
6 | 99.1245 | Asep Miming | Mengger | |
7 | 03.1267 | Burhanudin | Mengger | |
8 | 03.1268 | Adji Ahmad Juand, S.Sos.I | Mengger | |
9 | 99.1240 | Rahadian Ahmad, ST | Mengger | |
10 | 03.1269 | Hendra Triansyah | Mengger | |
11 | 08.2675 | Agus Supriatna | Mengger | |
12 | 08.2674 | Uus Mulyana | Mengger | |
13 | 08.2676 | Ujang Rohimat | Mengger | |
14 | 08.2677 | Heri Hermanto | Mengger | |
15 | 08.2680 | Yayan Sopian | Mengger | |
16 | 08.2689 | Deni Handani | Mengger | |
17 | 08.2687 | Nurdin | Mengger | |
18 | 08.2688 | Yadi Hadiansyah | Mengger | |
19 | 99.1238 | Asep Parhanudin | Dayeuhkolot | 13 |
20 | 02.1250 | Eep Saefudin | Dayeuhkolot | |
21 | 02.1250 | Roni Muhammad | Dayeuhkolot | |
22 | 02.1252 | Asep Saepudin, ST | Dayeuhkolot | |
23 | 02.1254 | Wawan Setiawan | Dayeuhkolot | |
24 | 03.1258 | Heri Priyanto | Dayeuhkolot | |
25 | 03.1260 | Adi Nurhadian | Dayeuhkolot | |
26 | 03.1263 | Mahmudin | Dayeuhkolot | |
27 | 03.1266 | Dani Miftahudin | Dayeuhkolot | |
28 | 04.1272 | Mohammad Sholeh Nenna | Dayeuhkolot | |
29 | 08.2689 | Asep Sutrisno | Dayeuhkolot | |
30 | 08.2690 | Agus Setiadi | Dayeuhkolot | |
31 | 08.2694 | Wawan Saripudin | Dayeuhkolot | |
32 | 96.1237 | Budhi Patoni | Cisirung | 4 |
33 | 99.1246 | Kirna | Cisirung | |
34 | 03.1255 | Sholehudin Rahmat, S.Ag | Cisirung | |
35 | 03.1259 | Yayan | Cisirung | |
36 | 93.1234 | Asid Aziz | Citepus | 4 |
37 | 99.1239 | Oden | Citepus | |
38 | 99.1248 | Yono Sutrisno | Citepus | |
39 | 03.1270 | Deni Maulana | Citepus | |
40 | 90.1232 | Oom Solihin | Bojong Citepus | 11 |
41 | | Yayan S | Bojong Citepus | |
42 | 04.1825 | Yadi Mulyadi | Bojong Citepus | |
43 | 03.1256 | Imam | Bojong Citepus | |
44 | 99.1247 | Asep solihin | Bojong Citepus | |
45 | 03.1264 | Hanhan Farhanudin | Bojong Citepus | |
46 | 03.1271 | Hendi Nasrudin | Bojong Citepus | |
47 | 03.1253 | Rizal Budiman | Bojong Citepus | |
48 | | Asep Kusmiadi, S.Pd.I | Bojong Citepus | |
49 | | Heru Nasruloh | Bojong Citepus | |
50 | | Agus Nurohmah | Bojong Citepus | |
51 | 04.1273 | C. Nasrul Yakin, M.Ag | Cibedug | 10 |
52 | 08.2678 | Ujang Sholeh Budiman | Cibedug | |
53 | 08.2692 | Sopian Hidayat | Cibedug | |
54 | 08.2685 | Cecep Suriadi | Cibedug | |
55 | 08.2682 | Rahmat Budiman | Cibedug | |
56 | 03.12650 | Amang Hasan | Cibedug | |
57 | 08.2685 | Diki Permadi | Cibedug | |
58 | 08.2693 | Bahktiar Chandra Utari | Cibedug | |
59 | 08.2681 | Arino | Cibedug | |
60 | 03.3007 | Ayub Sugandi | Cibedug | |
61 | 03.1820 | Hadi Juniar Syamsi | Cangkuang | 15 |
62 | 03.1261 | Ujang Sholehudin | | |
63 | 03.1819 | Endang Al-Anshori | | |
64 | 03.1821 | Asep Dedi Rojali | | |
65 | 031812 | Asep Sholeh Hidayat | | |
66 | 03.1823 | Duden Rahmat | | |
67 | 03.1824 | Wildan Wildiawan | | |
68 | 04.1271 | Muhaemin, S.Ag | | |
69 | | Moh. Kurnia | | |
70 | 08.2673 | Dede Ahmad | | |
71 | 08.2679 | Zulkifli | | |
72 | 08.2686 | Hinhin Solihin | | |
73 | | Ridwan | | |
74 | | M. Azhar | | |
75 | | Rifki Salman. D | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Selasa, 29 September 2009
Hakikat Kehidupan Manusia
Oleh: Adji Ahmad Juand
Hakekat kehidupan manusia adalah senantiasa diuji dan selalu dihiasi dengan ujian dari Allah Swt. Dan tidak semata-mata ujian tersebut diberikan kepada manusia kecuali sesuai dengan kemampuannya.
Allah Swt berfiman:
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun"
Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk..(QS Al-baqarah: 155-157) Kalimat walanabluwannakum pada ayat di atas merupakan bentuk fiil atau kata kerja dari Balaa dan Ibtila. Yang berarti al-imtihan atau al-ikhtibaaru yaitu ujian. Sementra Imam al-maraghi dalam kitab tafsirnya hal 121 menjelaskan bahwa
اَلْبَلَاءُ: اَلْاِخْتِبَارُ وَالْاِمْتِحَانُ وَهُوَ تَارَةً يَكُوْنُ بِمَا يَسُرُّ لِيَشْكُرَ الْعَبْدُ رَبَّهُ, وَ تَارَةً بِمَا يَضُرُّ لِيَصْبِرَ, وَتَارَةً بِهِمَا لِيُرَغِّبَ وَيُرَهِّبَ:
Al-Bala’u adalah Ujian, dan ujian tersebut kadang-kadang dengan sesuatu yang bersifat mengembirakan untuk (membuktikan) rasa syukurnya kepada Tuhannya, atau terkadang ujian tersebut dengan sesuatu yang memadhorotkan nya untuk (membuktikan) kesabarannya, atau bahkan dengan kedua-duanya sebagai targhib (motivasi) maupun tarhib(peringatan). (Tafsir Al-maraghi I: 112)
Merujuk pada defenisi yang diberikan oleh imam al-maraghi di atas, maka diambil kesimpulan bahwa
1. ujian (bala) ada dua bentuk yaitu berbentuk Kesenangan seperti kekayan, jabatan, kesehatan yang dimiliki, dan ujian yang berbentuk kemadhorotan seperti kemiskinan atau kesengsaraan, penyakit yang diderita. Semuaa itu diberikan oleh Allah Swt tiada lain untuk menyeleksi keimanan seorang hamba. Apakah ia tergolong kepada Asshobirun (hamba-hamba yang sabar) dan Assyakirin (hamba-hamba yang bersyukur). Atau sebaliknya tergolong kepada orang selalu berkelu kesah dan selalu kikir.
2. Ujian (bala) merupakan Qodho dan Qodhar,ketentuan atau ketetapan Allah Swt yang mana setiap manusia tidak dapat menghalangi terhadap ketetapan Allah tersebut. Oleh sebab itu istilah tolak bala merupakan perbuatan yang menyalahi Qodho dan Qodhar Allah. Dan sampai kapan pun manusia tidak bisa menolak bala atau ujian dari Allah Swt sebab itu telah menjadi ketetapan Allah swt. Manusia hanyalah berusaha dan berusaha.Rasulullah Saw bersabda: Barang siapa marah karena suatu cobaan, maka Allah Swt pun akan marah kepadanya. (H.R Hakim)
Dalam al-Quran Allah Swt telah memberikan pelajaran kepada kita mengenai hakekat kehidupan manusia. Pelajaran yang diberikan Allah yaitu pada kisah Nabi Sulaiman as. Dan kisah nabi Ayyub as. Nabi Sulaiman diberi kekayaan yang berlimpah ruah, diberi jabatan atau kedudukan yang mulia, tinggal di istana yang megah yang dihiasi dengan emas. Namun nabi suliman mengatakan ini ujian dari Allah. Apakah aku menjadi orang yang bersyukur atau menjadi orang kufur.فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَامِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُلِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ
Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.(Q.S An-Naml:40)
Kemudian nabi Ayyub as. Diberi ujian berupa kemiskinan dan penyakit yang menahun bahkan diasingkan oleh penduduknya karena penyakitnya telah mewabah, tapi nabi Ayyub bersabar dan lulus dari ujiannya. إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ
…Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya).( QS Shad:44)
Namun kadang manusia salah mensikapi ujian dari Allah Swt. Allah Swt menjelaskan bahwa sikap dasar manusia adalah halu’a (berkeluh kesah) bila mendapatkan ujian yang kemadhorotan atau kepahitan ia berkeluh kesah, bila mendapatkan ujian berupa kesenangan atau kebaikan ia berlaku kikir.
إِنَّ الإنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا- إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا- وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.
Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,
dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, (QS Al-Ma’arij:19-21)
ujian yang diahadapi nabi Sulaeman dan nabi Ayyub berbeda, nabi Sulaeman berbentuk kesenangan sedangakn nabu Ayyub berbentuk kepahitan. Namun dari ujian tersebut tidak berarti Allah mencintai dan memurkai seseorang. Ketika Allah memberikan ujian kepada nabi Sulaeman dengan kesenangan bukan berarti tanda atau bentuk cinta Allah kepada Nabi Sulaiman melainkan karunia Allah. Dan ketika Allah memberikan ujian kepada nabi Ayub berupa kepahitan bukan berarti tanda atau bentuk murka Allah kepada nabi Ayub.
ulama, ahli hikmah bahkan Nabi sendiri mengatakan bahwa kunci kesuksesan manusia adalah sabar bila ia diberi musibah dan bersyukur bila diberi kesenangan.Dari Abu Shuahaib ra, Rasulullah Saw bersabda: “Pekerjaan orang mukmin itu selalu baik hasilnya, ketika mereka ditimpa musibah mereka bersabar, ketika diberi kelebihan mereka bersyukur. Itulah rahasia kesuksesan mereka(H.R Ibnu ‘Addi)عَنْ اَبِى يَهْيَ صُهَيْبِ بْنِ سِنَانِ-رض-قَالَ:قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ-وَلَيْسَ ذَلِكَ لِأَحَدٍاِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ اَصَابَتْهُ سَرَّاهُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ اَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُDari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan r.a. ia berkata: Rasulullah Saw. Bersabda:Aku kagum dengan urusan orang yang beriman, sesungguhnya seluruh urusannya itu baik,(dan tidak ada bagi siapa pun semua itu kecuali bagi orang yang beriman). Jika ia diberi keleluasaan, ia bersyukur maka itu baik baginya, dan jika ia ditimpa kemadaratan, ia bersabar, maka itupun baik baginya (H.R Muslim II: 709)
Rahasia kesuksesan: bersabar ketika susah, bersyukur ketika senang. Bersabar dan bersyukur adalah dua cirri paling menonjoldari manusia yang beriman kepada Allah swt. Bagi seorangyang beriman, berkesempitan atau berkelebihan tetap sama baiknya, sebaik pahala sabar dan sebaik pahala syukur (Ahmad Abdul Mujib)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar