Ahlan Wa sahlan
PROFIL
- PC Pemuda Persis Dayeuhkolot
- Sejak pertama kali berdiri Pimpinan Cabang Pemuda Persis Dayeuhkolot langsung bergerak di bidang dakwah dan pendidikan, dan sejak itu pula keberadaan pimpinan cabang pemuda persis Dayeuhkolot berkembang dan tumbuh hingga memiliki jama'ah-jama'ah hampir di setiap desa yang menjadi bagian dari kecamatan Dayeuhkolot. Sebagaimana organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya, Pimpinan Cabang Pemuda Persis Dayeuhkolot juga tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan baik secara ekstern maupun secara intern. Secara umum kondisi Pemuda Persis cabang Dayeuhkolot dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah jama'ah yang ada di desa-des Pemuda Persis sebagai salah satu bagian otonom di lingkungan Persatuan Islam mengemban tugas sebagai barisan pelopor atau ujung tombak perjuangan Persatuan Islam di kalangan Pemuda, khususnya di wilayah kecamatan Dayeuhkolot. Pemuda Persis cabang Dayeuhkolot sampai saat ini baru memiliki 7 Jama'ah. 1. Jama'ah Mengger, 2. Jama'ah Dayeuhkolot, 3. Jama'ah Cisirung, 4. Jama'ah Citepus, 5. jama'ah Bojong Citepus, 6. jama'ah Cibedug, 7. Jama'ah Cangkuang.
TASYKIL MASA JIHAD 2009-2012
KETUA : C. Nasrul Yakin, M.Ag
WKL KETUA : Asep Saefudin, ST
SEKRETARIS : Muhaemin, S.Ag
BENDAHARA : Sholehudin Rahmat, S.Ag
Wakil : Amang Hasan
KEJAM'IYYAHAN : Adji Ahmad Juand, S.Sos.I
KADERISASI : Hadi Juniar Syamsi
PENDIDIKAN : Sholeh Nenna
DAKWAH : Ujang Sholehudin
HUMAS : Hendra Triansyah
SOSIAL : Oom Sholihin
EKONOMI : Adi Nugraha
Musyawarah Kerja 2
Daftar Anggota Pemuda Persis Cabang Dayeuhkolot Tahun 2009
Nomor | Nama | Jama’ah | Jumlah Anggota | |
Urut | NPA | |||
1 | 94.1235 | Usman Azkia | Mengger | |
2 | 99.1240 | Dadan Ahmad | Mengger | 18 |
3 | 99.1242 | Muslim Nurdin, S.S | Mengger | |
4 | 99.1243 | Ade Sopian | Mengger | |
5 | 99.1244 | Rijal Khoerullah, S.Sos.I | Mengger | |
6 | 99.1245 | Asep Miming | Mengger | |
7 | 03.1267 | Burhanudin | Mengger | |
8 | 03.1268 | Adji Ahmad Juand, S.Sos.I | Mengger | |
9 | 99.1240 | Rahadian Ahmad, ST | Mengger | |
10 | 03.1269 | Hendra Triansyah | Mengger | |
11 | 08.2675 | Agus Supriatna | Mengger | |
12 | 08.2674 | Uus Mulyana | Mengger | |
13 | 08.2676 | Ujang Rohimat | Mengger | |
14 | 08.2677 | Heri Hermanto | Mengger | |
15 | 08.2680 | Yayan Sopian | Mengger | |
16 | 08.2689 | Deni Handani | Mengger | |
17 | 08.2687 | Nurdin | Mengger | |
18 | 08.2688 | Yadi Hadiansyah | Mengger | |
19 | 99.1238 | Asep Parhanudin | Dayeuhkolot | 13 |
20 | 02.1250 | Eep Saefudin | Dayeuhkolot | |
21 | 02.1250 | Roni Muhammad | Dayeuhkolot | |
22 | 02.1252 | Asep Saepudin, ST | Dayeuhkolot | |
23 | 02.1254 | Wawan Setiawan | Dayeuhkolot | |
24 | 03.1258 | Heri Priyanto | Dayeuhkolot | |
25 | 03.1260 | Adi Nurhadian | Dayeuhkolot | |
26 | 03.1263 | Mahmudin | Dayeuhkolot | |
27 | 03.1266 | Dani Miftahudin | Dayeuhkolot | |
28 | 04.1272 | Mohammad Sholeh Nenna | Dayeuhkolot | |
29 | 08.2689 | Asep Sutrisno | Dayeuhkolot | |
30 | 08.2690 | Agus Setiadi | Dayeuhkolot | |
31 | 08.2694 | Wawan Saripudin | Dayeuhkolot | |
32 | 96.1237 | Budhi Patoni | Cisirung | 4 |
33 | 99.1246 | Kirna | Cisirung | |
34 | 03.1255 | Sholehudin Rahmat, S.Ag | Cisirung | |
35 | 03.1259 | Yayan | Cisirung | |
36 | 93.1234 | Asid Aziz | Citepus | 4 |
37 | 99.1239 | Oden | Citepus | |
38 | 99.1248 | Yono Sutrisno | Citepus | |
39 | 03.1270 | Deni Maulana | Citepus | |
40 | 90.1232 | Oom Solihin | Bojong Citepus | 11 |
41 | | Yayan S | Bojong Citepus | |
42 | 04.1825 | Yadi Mulyadi | Bojong Citepus | |
43 | 03.1256 | Imam | Bojong Citepus | |
44 | 99.1247 | Asep solihin | Bojong Citepus | |
45 | 03.1264 | Hanhan Farhanudin | Bojong Citepus | |
46 | 03.1271 | Hendi Nasrudin | Bojong Citepus | |
47 | 03.1253 | Rizal Budiman | Bojong Citepus | |
48 | | Asep Kusmiadi, S.Pd.I | Bojong Citepus | |
49 | | Heru Nasruloh | Bojong Citepus | |
50 | | Agus Nurohmah | Bojong Citepus | |
51 | 04.1273 | C. Nasrul Yakin, M.Ag | Cibedug | 10 |
52 | 08.2678 | Ujang Sholeh Budiman | Cibedug | |
53 | 08.2692 | Sopian Hidayat | Cibedug | |
54 | 08.2685 | Cecep Suriadi | Cibedug | |
55 | 08.2682 | Rahmat Budiman | Cibedug | |
56 | 03.12650 | Amang Hasan | Cibedug | |
57 | 08.2685 | Diki Permadi | Cibedug | |
58 | 08.2693 | Bahktiar Chandra Utari | Cibedug | |
59 | 08.2681 | Arino | Cibedug | |
60 | 03.3007 | Ayub Sugandi | Cibedug | |
61 | 03.1820 | Hadi Juniar Syamsi | Cangkuang | 15 |
62 | 03.1261 | Ujang Sholehudin | | |
63 | 03.1819 | Endang Al-Anshori | | |
64 | 03.1821 | Asep Dedi Rojali | | |
65 | 031812 | Asep Sholeh Hidayat | | |
66 | 03.1823 | Duden Rahmat | | |
67 | 03.1824 | Wildan Wildiawan | | |
68 | 04.1271 | Muhaemin, S.Ag | | |
69 | | Moh. Kurnia | | |
70 | 08.2673 | Dede Ahmad | | |
71 | 08.2679 | Zulkifli | | |
72 | 08.2686 | Hinhin Solihin | | |
73 | | Ridwan | | |
74 | | M. Azhar | | |
75 | | Rifki Salman. D | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Minggu, 21 Maret 2010
TAHUN BARU HIJRIYAH ( memaknai Hijrah dengan konteks kekinian)
Tidak terasa kita kembali memasuki Tahun Hijriyah 1431. bagi sebagian orang bergantinya tahun itu sudah biasa terjadi setiap tahun, namun perlu dikenang sebagai seorang muslim yang menghargai waktu bahwa perjuangan Rasulullah saw melalui hijrahnya dari kota Makkah ke madinah dengan maksud merubah tatanan kehidupan bangsa Arab dari keterpurukan baik aqidah maupun akhlak yang dikenal dengan Jahiliyyah menuju sebuah peradaaban yang gemilang, yang telah berlangsung selama 1431 tahun.
Hijrah yang dilakukan Rasulullah tersebut dapat dipahami sebagai pindahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Namun dari itu tidak hanya dihami sebagai pindahnya tempat namun dalam peristiwa hijrah tersebut berpindahnya sebuah tatanan kehidupan yang penuh dengan kegelapan menuju tatanana kehidupan yang penuh dengan peradaban. Jadi subtansi hijrah adalah perubahan mendasar dari suatu tatanan yang tidak Islami kepada yang islami. Tatananan itu mencakup berbagai aspek dan dimensi, mulai dari tatanan sosial, ahklaq, ekonomi, hukum, hingga ke politik dan kenegaraan.
Oleh sebab itu para ulama membagi hijrah menjadi dua bagian yaitu Hijrah makaniyah (tempat), dan Hijrah Maknawiyyah (Hijrah secara makna) yaitu man hajaro maa nahallahu anhu yaitu,hijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan, hijrah dari kemusyrikan menuju ketauhidan, hijrah dari perbid’ahan menuju sunnah. Yang semua itu adalah bentuk dari pada kejahiliahan. Yang lebih cocok kita katakan sebagai “jahiliyah modern”
Al-Qur’an menyebut tiga paradigma jahiliyah, yaitu:
1. Hukmul Jahiliyyah yaitu tatanan hukum atau sistem yang rancu. Ini mencakup sistem politik, penguasa tiran yang disebut “thogut”, kekuasaan yang tidak terbatas dan aspek-aspek lain lain yang terkait dengan hukum,
2. Tabarruj al-Jahiliyah yang berarti tatanan sosial dan moral yang sudah rusak, menyepelekan nilai-nilai moral.
3. Zhannul Jahiliyyah yang berdimensi idelogis dengan mempertuhankan benda atau materi yang diterjemahkan dalam bahasa sekarang” gaya hidup materialistik”
Ternyata paradigma jahiliyyah yang disinggung al-Quran tersebut kembali dapat kita perhatikan dengan jelas bagaimana carut marutnya sistem pemerintahan ini. Dari segi hukum kita perhatikan begitu “bergentayangannya” para mafia hukum yang dengan mudahnya menjual belikan hukum, hukum tidak ditegakan dengan adil, hukum hanya ditegakan kepada rakyat kecil yang tidak berduit, penjara bagi pejabat yang korup bagaikan hotel berbintang lima. Sehingga ada ungkapan” kalau hidup miskin jangan main dengan hukum”. Sungguh sebuah fenomena yang mencenagkan kita semua. Setelah kita menyaksikan drama “ketika cicak bersaksi” alias “cicak vs Buaya”, kini kita menyakasikan kembali sebuah drama bail out Bank Century.
Kemudian nila-nilai Jahiliyah lainnya yang kita perhatikan dewasa ini adalah berkurangnya bahkan tidak ada lagi nilai-nilai sosial di masyarakat, hancurnya moral mulai dari pejabat sampai masyarakat biasa dengan menyepelekan nilai-nilai moral. Dalam drama bail out Century kita saksikan bagaimana moral para anggota dewan yang saling menghujat yang tidak mercerminkan status mereka sebagai wakil rakyat. Dalam lingkungan keluarga, seorang anak tidak lagi memperhatikan nilai-nilai moral atau akhlak terhadap orang tuanya, tidaka ada rasa hormat terhadap orang tua.
Kemudian nilai Jahiliyah yang sampai sekarang masih di anut adalah mempertuhankan harta. Harta dijadikan sebagai tujuan hidupnya sehingga pola hidup materialistik yang berkembang. Inilah yang dikhawatirkan Rasulullah. Apabila pola hidup seperti itu maka yang timbul adalah kebakhilan akibat dari kecintaan kepada dunia secara berlebihan dan mengangungkan harta benda secara berlebihan. Orang yang demikian akan merasa berat mengeluarkan zakat, infak maupun shodaqoh, namun di sisi lain pemborosan dan dan foya-foya menjadi kebiasaan.
Dalam konteks kekinian, mengaktualisasikan nilai-nilai hijrahlah yang harus direalisasikan sepanjang nilai-nilai islam tidak direalisasikan secara utuh dan subtansial.
Kita melihat umat Islam di negeri ini yang katanya 90%, namun aktualisasi nilai-nalai keislaman dirasakan tidak utuh dan subtansial. Melaksanakan nilai-nilai keislam dilakukan hanya untuk menggugurkan kewajibannya saja. Tiap tahun orang keluar masuk ka’bah, salam dan bismilah sering mengawali pidato dan pembicaraan para pejabat, namun hal tersebut hanya sekedar kamuflase. Kenapa demikian? Lihat saja carut marutnya negeri ini yang kalau disebutkan satu persatu akan lebih menambah banyak deretan kasus di negeri ini. Apakah kita puas dengan jumlah umat Islam yang banyak tersebut?sementera subtansi dari Islam tersebut tidak ada, akhlak dan moral tidak mencerminkan Islam. bukankah fungsi shalat sebagai pencegah dari perbuatan fakhsyah dan munkar? Simbol memang penting, tapi harus mencerminkan subtansi. Kalau ibadah hanya sebagai seremonial saja, sementara kemaksiatan atau kemunkaran terus merajalela, maka ibadah tidak dapat dijadikan sebagai pembentukan kepribadian. Maka Islam hanya tinggal namanya saja. Mungkin inilah yang disinyalir oleh Rasulullah bahwa Al-Islamu mahjuubun bil muslimin. (islam terhalang oleh prilaku umatnya).
Melihat fenomena dan kondisi saat ini aktualisasi nilai-nilai hijrah yang dipraktekan oleh Rasulullah menjadin solusi untuk merubah kondisi ini. Wallahu a’lam bishowab.
Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kita perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu
BalasHapus